Selasa, 15 Januari 2013

Pak GURU = Netto 100kg

sumber: http://img.okeinfo.net
Bagi kebanyakan orang panggilan pak guru atau bu guru merupakan hal yang biasa dan lumrah untuk seseorang yang berprofesi sebagai guru. Demikian halnya dengan orang yang dipanggil guru, ia aman-aman saja tanpa ada beban sedikitpun.

Bagi saya panggilan pak guru bagaikan kuk dengan tulisan netto 100kg yang diletakan diatas pundakku, dan memang beratnya terasa 100kg.
Sumber:http://1.bp.blogspot.com
Panggilan guru mengandung beban moral yang sangat berat. Guru mengandung makna yang sangat dalam dan sangat luas jika dijabarkan. Guru adalah sosok yang memiliki keteladan sikap dan perilaku yang patut ditiru, akibatnya ia memiliki pengikut (murid) yang mengkultuskanya sebagai tokoh idola. Setiap tindakan, perilaku, dan katanya adalah nilai hidup bagi sang pengikut.

Jika kita terlanjur dipanggil guru, kewajiban kita ialah memperlakukan diri layak seseorang yang patut diteladani dan tidak mengharapkan pengkultusan. Itulah beban yang harus diemban oleh seseorang yang ingin menjadi guru/yang telah terlanjur dipanggil guru. Setiap perilaku adalah nilai hidup bagi murid oleh karena itu, sebisa mungkin seorang guru mengelaraskan sikap dan perilaku dengan nilai yang berlaku di masyarakat.
sumber:http://navelmangelep.files.wordpress.com
Jika kita berperilaku, seenaknya dengan tidak menyesuaikan dengan nilai yang ada di masyrakat, ibaratnya kita menelanjangi diri di hadapan para murid.


dalam peribahasa Jawa kuno sosok guru disebutkan "Diguguh lan ditiru"
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar